Didalam Ms.
Excel memungkinkan kita mengatur kembali urutan record dalam suatu database,
tabel database yang sudah dibuat dapat diurutkan berdasarkan field yang kita
tentukan, pengurutan yang bisa diberikan didalam Excel adalah secara Ascending
(dari kecil ke besar) dan Descending (dari besar ke kecil), langkah-langkah
mengurutkan data adalah sebagai berikut :
Tentukan
Range dari database yang akan diurutkan dengan cara menyorot database tersebut
sebagai contoh dari tabel di atas A4:D10.
Pilihlah
menu Data dan Klik A-Z atau Z-A jika data dan kunci yang diurutkan sudah benar
dan jelas jika tidak klik Icon Menu Sort, dalam contoh ini klik Icon menu sort.
- A-Z, Mengurutkan secara otomatis dari kecil ke besar(ascending)
- Z-A, Mengurutkan secara otomoatis dari besar ke kecil (descending)
- Icon menu Sort, menentukan kunci utama dan kriteria tertentu
Setelah
icon Sort diklik maka akan muncul pilihan seperti di bawah ini.
Dari gambar di atas, tentukan :
- Sort By, Pilihan untuk menentukan kunci pengurutan berdasarkan field atau kolom apa.
- Sort On, Mengurutkan data bersarkan nila (value) atau berdasarkan warna
- Order, Mengurutkan berdasarkan Ascending atau Descending
- Jika sudah selsesai akhiri dengan klik OK
0 komentar: