Wednesday, November 22, 2017

Pengertian Space Hosting dan Bandwith

Dalam web hosting, ada istilah space hosting dan bandwith. Walaupun mendasar, ada kemungkinan sebagian dari kita yang belum mengerti pengertian dari kedua istilah tersebut.

Space Hosting

Space hosting adalah kapasitas penyimpanan sebuah web hosting. Sebagai misal, anda membeli paket web hostind idMedium dari IDwebhost, kapasitas penyimpanan data yang anda dapatkan adalah 1 GB. Kapasitas penyimpanan ini berguna untuk menampung database, gambar-gambar website dan email. Jika website anda sudah semakin kompleks, ada kemungkinan suatu saat kapasitas hosting anda penuh, dan apabila hal itu terjadi pilihannya hanya ada dua : (1) Memilah dan menghapus file-file lama yang dirasa tidak penting; atau (2) Melakukan upgrade paket hosting dengan kapasitas yang lebih besar.


Bandwith Data (Monthly Bandwith Transfer)

Adalah besarnya lalu lintas data yang diakses pada halaman website anda. Sebagai misal, anda memiliki website toko online dengan banyak gambar, dan setiap halaman website anda total ukuran datanya (gambar, tulisan dll) adalah 1 MB, apabila dalam 1 bulan halaman website anda diakses selama 1000 x, maka lalu lintas data yang terjadi adalah 1 MB x 1000 = 1 GB.

Dalam shared hosting, jatah atau besaran bandwith diberikan untuk jangka waktu 1 bulan. Sebagai misal anda membeli paket hosting IdMedium dari IDwebhost dengan bandwith bulanan sebesar 25 GB, apabila sebelum mencapati 30 hari lalu lintas data yang terjadi telah lebih dari 25 GB, maka website anda tidak akan bisa diakses sampai tanggal 1 bulan berikutnya. Jika memakai contoh 1 halaman website ukuran totalnya 1 MB, jika sebelum 1 bulan sudah diakses sebanyak 25.000x, maka telah terjadi lalu lintas data sebesar 25 GB.

Bandwith Habis Sebelum 1 Bulan

Apabila belum mencapai 1 bulan bandwith bulanan anda sudah habis, maka kemungkinannya ada dua :

(1) Website anda memang sudah sangat ramai sekali sehingga pengunjungnya sudah sangat banyak, dan lalu lintas datanya pun menjadi besar. Untuk kondisi ini maka solusi satu-satunya anda harus melakukan upgrade paket hosting ke paket hosting dengan bandwith yang lebih besar.

(2) Jika website anda masih tergolong sepi pengunjung namun belum 1 bulan bandwith sudah habis, maka kemungkinan besar hosting anda mengandung malware. Malware tersebut biasanya berasal dari komputer dimana anda mengupload data hosting, atau bisa juga berasal dari skrip website yang anda dapatkan dari sumber yang tidak terpercaya. Bisa juga berasal dari template / themes/ plugin yang anda dapatkan dari sumber yang tidak terpercaya. Apabila terjadi hal tersebut, maka solusi yang bisa dilakukan adalah :
Mendownload seluruh isi hosting ke dalam komputer yang bersih dan terpasang antivirus yang updated, lalu isi hosting anda scan, setelah itu di upload kembali ke hosting.
Jika cara tersebut tidak berhasil, maka anda bisa melakukan instalasi ulang website anda dengan menggunakan database yang ada, sehingga nantinya tidak perlu melakukan posting ulang.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: