Thursday, June 30, 2016

Perbedaan Android Studio dengan Eclipse

Mungkin tidak banyak yang akan sampaikan pada kesempatan kali ini. Malam ini saya akan menjelaskan beberapa perbedaan antara android studiod dengan eclipse. Pasti anda menggunakan diantara salah satunya bukan? Tentu saja bila kita perhatikan, apa saja sih perbedaan antara kedua aplikasi tersebut. Simak Penjelasannya berikut ini.
Perbedaan Android Studio dan Eclipse
Perbedaan Android Studio dan Eclipse
  • Android Studio
  • Eclipse
Kesimpulan 

Banyak editor android telah saya coba seperti NetbeansEclipse dan yang terakhir saya coba adalah android studio. Android Studio adalah editor asli yang dibuat oleh android atau google. Namun, setelah saya coba, Editor ini membutuhkan spek yang tinggi untuk menjalankan emulator yaitu prosesor harus support dengan accelerator. Ini adalah prosesor versi terbaru dan komputer saya tidak mendukung fitur tersebut. Selain itu, saat pembuatan new project harus mendownload gradle yang menurut saya hal tersebut membutuhkan waktu yang lama dan membuat saya jadi sedikit malas untuk membuat program karena harus menunggu. Jadi dapat saya simpulkan dari yang saya dapat sebagai berikut.

Android Studio adalah suatu IDE yang sudah terkenal saat ini. Android Studio sendiri baru saja di rilis oleh Google, dan sudah menjadi IDE resmi untuk pembuatan aplikasi berbasis Android.

Karena Android Studio ini adalah hasil pengembangan dari Eclipse, maka tentunya memiliki banyak fitur-fitur yang baru dibanding Eclipse.Perbedaannya dengan Eclipse, Android Studio memakai Gradle untuk build environmentnya.

Berikut fitur-fitur yang ada di Android Studio:

1. Memakai Gradle-based build system yang fleksibel.
2. Dapat mem-build multiple APK .
3. Tersedianya template support untuk Google Services serta untuk tipe-tipe perangkat lainnya.
4. Tampilan editor yang lebih baik dan bagus.
5. Google Cloud Platform built-in support, maka akan memudah untuk diintegrasikan dengan Google
6. Cloud Messaging dan App Engine.

Dari sisi build memang lebih unggul apabila dibandingkan dengan Eclipse, ini disebabkan Android Studio memakai Gradle. Perbedaan lainnya dari Eclipsetidak diperlukannya lagi dependencies package. Serta memiliki keunggulan dalam tampilan xml editor yang secara visual jauh lebih baik dibanding Eclipse.

Adapun kekurangan dari Android Studio menurut saya, lebih dari sisi aesthetic, dimana default logcatnya tidak berwarna gitu. Sehingga saya perlu mensetting warnanya sendiri,ribet dah. Tapi ada juga keunggulan dari sisi aesthetic, yaitu Android Studio otomatis include theme berwarna hitam/dark, sehingga berguna bagi orang yang lebih suka coding dengan editor yang berwarna gelap. hihihi.

Jika pada Eclipse kita biasa menggunakan nama Workspace, maka di Android Studio Workspace yang berisi kumpulan project itu disebut dengan Project. Sedangkan apa yang di Eclipse disebut dengan Project, di Android Studio dinamakan dengan Module.

Salah satu alasan yang paling sering muncul adalah karena Android Studio terlalu banyak memakan memori saat dijalankan. saya sendiri menggunakan laptop dengan RAM 4GB masih sering mengalami lag saat menggunakan Android Studio. Padahal 4GB menurut saya sudah cukup besar. Oleh karena itu, untuk membuat Android Studio lebih nyaman digunakan dan menjadi pilihan utama bagi semua programmer Android diseluruh dunia, Google memilih untuk meninggalkan ADT dan mengembangkan Android Studio. :D Jadi klo mau pakai yang ringan silakan pakai editor Eclipse.

Demikianlah penjelasan mengenai "Perbedaan Android Studio dengan Eclipse". Apabila ada pertanyaan silakan kirim di halaman komentar. Terima Kasih atas kunjungannya di Android Najwa.

Referensi : twoh.co
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: