Sunday, June 18, 2017

Bagaimana Cara Mendapatkan Matched Content dari Google Adsense ?

Bagaimana Cara Mendapatkan Matched Content dari Google Adsense ?. Mendapatkan uang jutaan rupiah dari Google Adsense adalah salah satu impian setiap blogger di Indonesia termasuk saya. Namun untuk mendapatkan penghasilan yang besar tentu dibarengi juga dengan kerja keras dan pengorbanan yang besar pula. Mulai dari membangun blog, mendaftarkan blog ke Google Adsense sampai trik trik meningkatkan pendapatan dari Google Adsense. Dan semua proses tersebut pasti akan dialami oleh setiap publisher Google Adsense diseluruh dunia lebih khusus di Indonesia.

Pembahasan kali ini saya akan lebih fokus mengupas masalah salah satu fitur dari Google Adsense yaitu ” Matched Content “. Bagi para publisher senior mungkin sudah tidak asing lagi dengan fitur ini namun bagi pemula tentu bertanya tanya. ” Apa sie fitur Matched Content ini ??? Dan apa pengaruhnya terhadap penghasilan Google Adsense kita ??? “. Ok berikut dibawah ini saya berikan penjelasannya satu persatu.

Apa Itu Fitur Matched Content ??

Matched Content atau Konten Yang Sesuai adalah alat rekomendasi gratis yang menawarkan cara mudah untuk mempromosikan konten Anda kepada pengunjung situs. Atau dalam bahasa gampangnya Matched Content ini fungsinya hampir mirip dengan Related Post. Perbedaannya adalah Matched Content itu pemberian dari Google Adsense sedangkan Related Post adalah settingan pribadi. Perhatikan gambar dibawah ini.


Gambar diatas adalah contoh iklan Matched Content dari Google Adsense dengan ciri ciri ada tulisan Powered By Google dipojok kanan atas. Sedangkan untuk Related Post yang kita atur sendiri tampilannya tidak seperti Matched Content diatas. Dan tampilannya menyesuaikan Theme atau Template blog yang digunakan. Berikut contoh tampilah Related Post.




Untuk fungsi dari fitur Matched Content dan juga Related Post sebenarnya sama yaitu untuk meningkatkan jumlah Page View. Sehingga pengunjung akan lebih lama berkelana didalam blog yang kita kelola.

Lalu Bagaimana Cara Mendapatkan Matched Content Dari Google Adsense ?

Setelah mengetahui apa itu fitur Matced Content langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mendapatkan Matched Content ini. Karena tidak semua blog atau website yang sudah memiliki akun Google Adsense mendapatkan fitur tambahan ini. Hanya blog yang terpilih saja yang bisa menggunakan fitur Matched Content ini. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merayu Google agar kita bisa diberikan fitur istimewa ini. Di antaranya adalah.

1. Jumlah Trafik

Beberapa senior saya dalam hal blogging banyak menyebutkan bahwa untuk mendapatkan fitur ini kita harus memiliki jumlah trafik yang besar setiap harinya. Bahkan angka yang disebutkan berkisar ” Puluhan Ribu “ PV ( Page View ). 

2. Jumlah Artikel

Cara mendapatkan Matched Content selanjutnya adalah masalah jumlah artikel dalam satu blog. Kita harus memiliki artikel yang memadai sehingga fitur ini maksimal dan bisa lebih meningkatkan PV dari blog yang kita kelola.

Dari informasi terakhir yang saya dengar bahwa untuk mendapatkan fitur Matched Content harus memiliki setidaknya 450 artikel. 

3. Situs dimonetisasi Secara Optimal

Dalam halaman resminya Google menyebutkan bahwa untuk mendapatkan fitur ini situs harus dimonetisasi secara optimal. Optimal disini bukan berarti menampilkan iklan sebanyak banyaknya apalagi sekarang ini penempatan iklan Google Adsense sudah tidak dibatasi lagi.

Optimal berarti kita menempatkan iklan sesuai dengan TOS Google tanpa melanggar apapun yang tidak diperbolehkan. Cara mengoptimalkan monetisasi situs ini pun bisa bermacam macam. Diantaranya adalah :
  • Eksperimen penempatan iklan
  • Eksperimen jenis dan ukuran iklan

4. Konsisten Menulis Artikel

Sebenarnya ini tidak disebutkan dalam halaman resmi Google mengenai Matched Content atau Konten Yang Sesuai. Namun menurut saya update artikel secara rutin ini sangat penting sekali. Alasannya adalah untuk memberikan kesegaran kepada pembaca setia blog kita dan juga agar Google menganggap blog kita masih aktif dan di monetisasi secara optimal.

Selain itu menulis artikel secara rutin juga bisa membuat tangan kita lebih lentur dalam mengetik dan sinkronisasi dengan otak kita dalam merangkai kata kata. Tentu saja masih banyak sekali manfaat lainnya dari update secara rutin blog yang kita kelola.

Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: