Wednesday, June 10, 2015

Jenis-jenis Jaringan Komputer | Network

Ada 3 macam jaringan/network yaitu :

Local Area Network (LAN)/Jaringan Area Local
 
Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung atau sebuah sekolahan dan biasanya tidak jauh dari 1 km persegi. Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya dijadikan sebuah file server, yang mana digunakan untuk menyimpan perangkat lunak yang mengatur aktifitas jaringan, ataupun digunakan oleh komputer-komputer lain yang terhubung ke dalam jaringan yang biasanya disebut workstation.


Metropolitan Area Network (MAN) /Jaringan Area Metropolitan

Sebuah MAN, bisanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalya antara wilayah dalam satu provinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil kedalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contohnya yaitu jaringan kampus dimana beberapa kantor cabang didalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan yang lainnya.


Wide Area Network (WAN) / Jaringan Area Skala Besar

Wide Area Network (WAN), adalah jaringan yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan satelit ataupunkabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan Kampus Cabang yang ada di Indonesia ataupun yang ada di mancanegara.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: